Fakta Tentang 2 Tipe Diabetes yang Sering Menyerang

Buletinesia.com - Dewasa ini, berbagai penyakit "baru" mulai bermunculan, mulai dari jantung koroner, kanker tulang, diabetes dan lain sebagainya. Semua penyakit tersebut yang katakanlah pada jaman dahulu jarang menyerang, namun di jaman modern ini mulai menjakiti. Lantas apa yang menjadi penyebab?  Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal itu terjadi, salah satu penyebab utama yaitu pola hidup yang kurang baik. Namun dalam artikel ini akan dibatasi hanya diabetes saja yang akan dibahas. Dalam dunia kedokteran ada beberapa tipe diabetes yang menyerang, ada diabetes tipe 1 atau insulin dependent diabetes, diabetes tipe 2 atau non-insulin dependent diabetes, lalu ada diebetes gestasional.

Diabetes Tipe 1

Mengapa dinamakan diabetes tipe 1? Diabetes tipe ini sering disebut juga dengan insulin dependent diabetes, yaitu suatu kondisi pada seseorang yang tidak bisa memproduksi insulin dengan baik sehingga dibutuhkan suntikan insulin secara terjadwal agar kandungan gula darah normal. Hormon insulin sendiri berfungsi untuk menyerap nutrisi dalam kandungam darah yang kemudian diaebarkan ke seluruh jaringan tubuh agar menjadi energi. Kalau hormon insulin tak terprodukai, otomatis kandungan gula darah akan meningkat dan inilah yang dinamakan dengan diabetes.

Apa Penyebab Diabetes Melitus Tipe 1? 

Hampir 10 persen seseorang mengidap jenis diabetes ini. Fakta yang cukup mencenangkan, lantas apa penyebab Diabetes Melitus Tipe 1? Para ahli belum mengetahui secara pasti penyebab penyakit ini, namun yang sudah pasti adalah akibat dari keturunan atau genetik. Namun tifak menutup kemungkinan faktor lain juga dapat menjadi penyebab diabetes melitus tipe 1, seperti akibat adanya virus atau racun yang mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga memengaruhi terproduksinya insulin dalam pankreas.

Diabetes Tipe 2

Yaitu keadaan seaeorang dimana seseorang bisa menghasilkan insulin, namun kandungan insulin ini kurang mencukupi sehingga mengakibatkan kandungan gula darah kurang baik. Berdasarkan fakta, 85 persen seseorang menderita penyakit diabetes tipe 2 ini.

Fakta Pengobatan Terhadap Diabetes

Secara umum, diabetes tidak dapat disembuhkan, hanya saja penyakit ini dapat dikendalikan. Dengam cara aoa mengendalikannya? Dengan menggunakan obat-obatan termasuk penyuntikan insulin,  makanan yang sehat, dan pola hidup yang baik dengam cara berolahraga secara teratur. Pengendalian diabetes setiap orang akan berbeda-beda tergantung dari jenis diabetes yang diderita dan tingkat keparahannya.

Pada Akhirnya Pencegahan Diabetes

Makanya, untuk anda yang masih muda dan belum menderita penyakit seperti ini, sangat disarankan untuk menjaga pola makan dan pola hidup agar kesehatan selalu terjaga. Jangan asal makan sembarangan untuk mencegah ternyadinya diabetes.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Tentang 2 Tipe Diabetes yang Sering Menyerang"

Post a Comment