Tips Mendapatkan Rumah Murah di Surabaya

Tips Mendapatkan Rumah Murah di Surabaya


Buletinesia - Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur. Perkembangan kota ini cukup pesat sehingga perputaran roda bisnis dan perekonomian di Surabaya juga berlangsung sangat cepat dan dinamis. Tak heran jika setiap tahun terjadi pertambahan penduduk di kota ini karena meningkatnya jumlah pendatang baru yang ingin mengadu nasib.
Padatnya penduduk di kota Surabaya membuat lahan pemukiman di sini menjadi sangat terbatas sehingga harga rumah dan tanah menjadi sangat mahal. Bagi Anda yang tetap ingin memiliki hunian di Kota Pahlawan ini, berikut beberapa tips mendapatkan rumah murah yang bisa Anda coba:
1. Cari Info Rumah yang Dijual
Sebelum memutuskan membeli sebuah rumah, sebaiknya Anda mencari informasi tentang kisaran harga rumah di lokasi yang Anda inginkan. Anda bisa memanfaatkan situs listing jual beli rumah untuk mendapatkan informasi tentang rumah murah di Surabaya yang sedang ditawarkan oleh pemiliknya. Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif pilihan rumah sekaligus dapat mengetahui kisaran harga wajar sebuah rumah di lokasi tertentu karena harga tiap lokasi bisa saja berbeda tergantung kestrategisan lokasi.
Saat Anda melihat rumah yang menarik untuk dibeli di situs listing jual beli rumah, jangan terlalu cepat melakukan deal atau memberikan uang muka terlebih dulu. Sebaiknya Anda bertemu lebih dulu dengan penjualnya, melihat kondisi bangunan secara saksama dan menanyakan status sertifikat rumah. Setelah semuanya Anda pastikan beres, barulah Anda melakukan deal jual beli rumah.
Selain mencari informasi secara online, sebaiknya Anda juga mencari info secara offline karena terkadang ada rumah yang dijual murah oleh pemiliknya tetapi tidak ditawarkan secara online, melainkan hanya menggunakan tulisan atau spanduk yang dipasang di depan rumah.
2. Pilih Perumahan Bersubsidi
Bagi Anda yang belum memiliki rumah tetapi memiliki gaji tetap setiap bulannya, Anda bisa mencoba memilih perumahan bersubsidi agar mendapatkan rumah dengan harga murah. Tetapi perumahan bersubsidi ini tentu saja memiliki beberapa kelemahan, yaitu ukuran bangunan yang sempit, sekitar ukuran 36 saja; dan lokasinya biasanya jauh dari pusat kota. Selain itu perumahan bersubsidi ini dikhususkan bagi orang yang belum memiliki rumah pribadi sebelumnya.
3. Pilih Daerah yang Jauh dari Pusat Kota
Bagi Anda yang ingin memiliki rumah cukup luas tetapi harganya terjangkau, maka Anda dapat menyiasatinya dengan memilih rumah yang berada jauh dari pusat kota. Rumah di daerah pinggir kota biasanya dihargai dengan harga yang tidak terlalu tinggi dibanding rumah yang berada di pusat kota atau di lokasi yang strategis, misalnya dekat dengan pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, rumah sakit, atau kompleks perkantoran.
Mengingat harga rumah di Surabaya cukup mahal, sebagai alternatif mungkin Anda bisa memilih membeli rumah di area Sidoarjo yang letaknya berdampingan dengan kota Surabaya. Harga perumahan di wilayah ini cukup jauh lebih murah dibanding kota Surabaya, kecuali yang berada di sekitar lokasi Bandara Juanda.
4. Gunakan Fasilitas KPR
Harga rumah semakin hari memang semakin melambung tinggi, oleh karena itu menyegerakan membeli rumah merupakan keputusan yang tepat. Jika Anda belum memiliki cukup banyak uang untuk membeli sebuah rumah, Anda dapat menggunakan fasilitas KPR untuk membantu pembiayaan rumah Anda.
KPR dapat membantu Anda segera memiliki rumah dengan modal yang tidak terlalu besar. Anda cukup menyediakan uang muka yang besarnya sekitar 30% dari harga unit rumah yang Anda beli. Selebihnya sisa biaya yang harus Anda bayar ditanggung oleh KPR dan Anda tinggal membayar angsurannya tiap bulan.
Untuk mengajukan KPR, syaratnya juga relatif mudah. Anda hanya perlu mengajukan KPR dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti slip gaji, salinan KTP, salinan Kartu Keluarga, dan NPWP. Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan pasangan Anda memiliki gaji tetap, maka Anda berdua dapat mengajukan KPR joint income sehingga jumlah pinjaman yang Anda dapatkan bisa semakin besar.
5. Beli Rumah Second
Cara lain mendapatkan rumah murah di Surabaya adalah dengan membeli rumah second atau rumah bekas pakai. Tidak semua rumah bekas pakai memiliki kualitas yang buruk karena sebagian orang menjual rumahnya dengan harga murah karena pindah tugas ke luar kota, ingin menggunakan hasil penjualan untuk modal usaha, atau memiliki rumah lebih dari satu unit.
Untuk mendapatkan rumah bekas yang berkualitas, Anda harus teliti saat melihatnya. Periksa kondisi rumah secara menyeluruh dan detail. Periksa bagian saluran air, ventilasi, atap, dan keamanan sekitar. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek keabsahan dokumen kepemilikan rumah, pastikan rumah yang akan Anda beli dalam status SHM.
5. Pahami Daerah Tempat Rumah yang akan Dibeli
Saat hendak membeli sebuah rumah, sebaiknya Anda mempelajari kondisi daerah sekitar rumah tersebut. Jangan mudah tergiur dengan harga murah saja, pastikan lokasi rumah yang Anda beli terbebas dari bahaya banjir. Jika Anda membeli rumah dengan harga murah tetapi sering banjir, bisa jadi biaya perawatan dan renovasi rumah yang Anda perlukan melebihi biaya pembelian rumah.
Selain bebas banjir, pilih rumah yang lokasi lingkungannya aman. Keamanan rumah merupakan hal yang penting agar Anda dan keluarga dapat tinggal dengan nyaman dan tenang tanpa khawatir terhadap kejahatan yang mengintai. Pilih lingkungan rumah yang dilengkapi sistem satu pintu (one gate sistem), jauh dari lokasi perjudian, tidak terpencil serta dilengkapi dengan CCTV.
Demikian tips mendapatkan rumah murah di Surabaya yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat berburu rumah impian.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tips Mendapatkan Rumah Murah di Surabaya"