Bunda, Inilah Perkembangan Anak Usia 1 Tahun yang Harus Diperhatikan!

Buletinesia – Mempunyai seorang anak merupakan dambaan setiap orang tua. Memiliki anak yang cerdas dan aktif merupakan impian setiap orang tua. Orang tua mana yang menginginkan anaknya gagal? Dengan melihat perkembangan anak, mak anda dapat memonitor pertumbuhan anak baik gizi, psikologis dan emosionalnya. Lantas bagaimana perkembangan anak yang baik? Perkembangan anak dapat dibagi-bagi berdasarkan usianya, karena dari setiap fase usia tersebut akan mempengaruhi titik emosional, gizi seperti yang dijelaskan diatas. Oleh karena itu, disini kita akan membahas perkembangan anak usia 1 tahun, seperti apa perkembangannya? Mari kita simak.


Mulai Lincah dan Aktif

Menurut penelitian WHO, anak yang berusia  kurang dari 1 tahun akan mengalami perkembangan otak secara cepat bahkan bisa mencapai separuh dari otak rata-rata orang dewasa. Kemudia setelah menginjak usia 1 tahun, berat badan dan keaktifanya akan meningkat secara signifikan karena dalam usia ini kecerdasan motorik si anak akan mulai digunakan dan berfungsi secara baik, maka dari itu peberian nutrisi yang cukup sagat dibutuhkan untuk megimbangi kelincahan si bayi.

Apa Saja Yang Dilakukan Anak Pada Usia 1 Tahun?

Dengan perkembangan saraf motorik dari sang bayi, maka pada usia 1 tahun anak akan mulai bisa menirukan apa yang terjadi dilingkungan sekitar, mulai bisa berbicara walaupun kurang jelas dan terbata-bata karena pada usia ini buah hati mulai bisa merespon. Oleh karena itu, selalu upayakan rang tua untuk menjaga dan mendidik anak pada usia ini dengan hati-hati. Selain itu pada usia 1 tahun ini, sang anak mulai bisa mengangkat kepala, tengkurap, merangkak.

Secara Detail, Inilah Perilaku Anak Pada Usia 1 Tahun

Dalam usia ini, sang anak memiliki rasa keingintahunan yang tinggi dikarenakan perkembangan otak dan gerak motorik yang siginifikan. Pada usia 1 tahun sang anak muai bisa merespon apa yang diperintahkan orang tuanya seperti mencium, melambikan tangan, tertawa, menepuk. Karena rasa keinginan tahunya sangat besar, sang anak biasanya akan mulai menirukan apa yang dilakukan orang tuanya seperti saat orang tua sedang menulis makan sanga anak pun akan berpura-pura ikut menulis.

Bagaimana Cara Mendidik yang Baik?

Anak pada usia 1 tahun yang memiliki rasa ingin tahu yang besar sebaiknya kita fasiliatsi dengan berbagai mainan yang menarik dan tentunya memiliki warna yang cerah. Usahakan memberikan maianan yang dapat membantu meningkatkan sensor-sensor indranya. Seperti dengan memberikan mainan yang dapat dikunyah namun tetap aman untuk digunakan, memberikan maianan yang berwarna-warni agar sang anak mulai bisa membedan warna. Intinya adalah berikan mainan yang dapat mebantu merespon panca indranya. Sedangkan yang paling penting adalah, peran serta orang tua sangat empengaruhi perkembangan bayi pada usia in. Usahakan anak berperan aktif untuk mengawasi anaknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunda, Inilah Perkembangan Anak Usia 1 Tahun yang Harus Diperhatikan!"

Post a Comment