Meyambut Kehamilan Pertama? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan

Persiapan Untuk Menghadapi Kehamilan Pertama

Buletinesia - Setiap kehamilan pasti sangat dinantikan oleh setiap pasangan suami istri yang baru saja menikah. Pastinya sangat antusias untuk menyambut kehamilan, terlebih itu adalah kehamilan pertama. Biasanya keluarga baru yang akan menyambut kehamilan pertama, pasti bingung apa saja yang akan dilakukan, bahkan ada yang panik hingga berlebihan untuk menyambutnya. Untuk seorang wanita, pastinya akan sangat bahagia sekali dalam menyambut kehadiran sang buah hati yang tentunya akan membuat kehidupannya terasa sempurna, dimana anda akan dipanggil ibu. Sejatinya, dalam masa kehamilan, sangat penting sekali seorang ibu untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental karena dengan menjaga kesehatan tersebut sangat berpengaruh sekali dengan perkembangan janin. Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk persiapan kehamilan pertama? Berikut yang dapat lakukan agar dalam kehamilan pertama anda terasa bahagia dan tidak panik untuk menghadapinya.


1. Atur Pola Makan
Hal yang sering terjadi dan dihadapi oleh seorang wanita hamil adalah mual dan muntah yang disebabkan adanya perubahan hormon dari sang ibu yang kemudian dengan dipicu aroma atau rasa sangat mudah sekali muntah dan mual. Oleh karena itu kenali makanan yang akan dimakan dan atur pola makan secara baik, jangan sampai berlebihan ketika makan. Dalam masa trisemester/ trimester kebutuhan gizi sangat diperlukan untuk petkembamgam janin, karena dalam masa ini pembentukan organ janin sudah mulai terbentuk, maka dari itu atur pola makan dengam kebutuhan gizi yang tercukupi.

2. Gizi dan Nutrisi adalah Hal yang Penting
Jangan sampai ketika menyambut kelahiran buah hati yang pertama mengabaikan kebutuhan nutrisi dan gizi, termasuk kebutuhan untuk sang ibu dan sang janin. Karena dalam perkembangan janin terutama dalam masa triwulan, jangan sampai akibat kurandana asupan gizi menyebabkan sang janin lahir dengan berat yang kurang dari umuran normal.

3. Persiapkan Fisik Secara Baik
Ketika menghadapi kehamilan yang pertama akan terasa sangat lunglai dan capek sekali. Untuk menghadapi hal ini memang cukup sulit, namun apakah anda tidak memikirkan sang buah hati yang masih di kandungan? Setidaknya dengan memikirakan sang buah hati, anda akan termotivasi untuk selalu bugar. Selain dengan gizi dan nutrisi yang cukup, olahraga juga sangat penting untuk menjaga kebugaran, jika anda masih malas untuk melakukan olahraga, ikutilah progam olahraga ibu hamil yang banyak tersedia. Dengan mengikuti progam olahraga tersebut maka kesehatan tubuh dan perkembamgan janin akan sangat terjaga.

4. Selain Fisik, Mental Juga Perlu Disiapkan
Mental sangat berpengaruh dengan emosioberpengaruhu, jangan sampai emosional ini menganggu kesehatan diri anda dan sang janin. Cara yang tepat untuk menjaga kesehatan mental yaitu apabila ada masalah atau hal yang tidak sreg dihati bicarakanlah secara baik-baik terutama kepada suami. Setidaknya dengan melakukan hal tersebut akan mengurangi beban pikiran anda.

5. Persiapkan Kebutuhan Sang Buah Hati
Menghadapi kehamilan yang pertama, pastinya keluarga akan sangat antusias sekali untuk menyambut kelahirannya. Meskipun sangat antusias, jangan sampai anda berlebihan dalam membeli kebutuhan untuk sang buah hati. Persiapkan seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menghadapi kehamilan pertama. Hal yang paling vital untuk diperhatikan adalah faktor gizi dan nutrisi. Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi sang ibu dan janin, karena hal ini ssangat berpengaruh baik kesehatan sang ibu maupun perkembangan sang janin

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Meyambut Kehamilan Pertama? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan"