Takut Berbicara Di Depan Umum? Ini Cara Mengatasinya

Buletinesia- Pernahkah kita merasakan telapak tangan anda berkeringat, kerongkongan kering dan tercekat, wajah memerah, suara bergetar, atau perut mulas? Hal semacam ini tak hanya kita alami saat berbicara didepan ribuan atau ratusan orang, namun yang lebih parahnya lagi juga dialami pada saat kita berbicara didepan teman sekantor atau bermain kita sendiri.

Pada saat itu, sebenarnya kita memgalami sindrom tidak percaya diri yang mengakibatkan rasa takut saat berbicara di depan umum. Penyebabnya, mungkin kita memang tidak terbiasa bicara depan umum, atau tidak siap tampil. Namun hal ini tidak hanya dialami oleh orang yang baru pertama jadi pembicara saja, akan tetapi juga dialami oleh orang yang sudah sering tampil sebagai public speaker sekalipun, hal ini terjadi kemungkinan karena belum mempersiapkan materi dengan materi, atau bisa juga karena belum tahu siapa hadirin yang hadapi.

Terus bagaimanakah cara untuk mengatasi hal tersebut? Berikut buletinesia akan berbagi mengenai Tips mengatasi rasa takut berbicara didepan umum (klik like fanspage buletinesia di facebook tips lainya)

1. Atur nafas sampai merasa tenang
Hal ini sangat membantu membuat diri kita tenang dan Rileks dan detak jantung stabil. Yang harus kita lakukan adalah menarik nafas dari hidung lalu membuangnya melalui mulut.




2. Buat jeda beberapa saat sebelum memulai pidato
Sebelum memulai bicara/pidato, ada baik nya kita jangan terburu-buru, sehingga apa yang kita ucapkan tepat dan tentunya menarik.


3. Yakini bahwa tanda-tanda kecemasan fisik tak terlihat
Dalam berpidato/bicara depan umum, pastikan tanda-tanda kecemasan fisik tidak nampak, seperti tangan keringatan , muka memerah, gemetar, atau gerakan yang berlebihan. Karena ini bisa membuat kesan yang tidak baik didepan pendengar dan biasanya apa yang kita ucapkam tidak terkontrol dengan baik. 



4. Buat persiapan matang sebelum tampil
Sebelum tampil penting bagi seorang pembicara untuk mempersiapkan diri secarah matang,baik materi maupun mental. Bisa dengan belajar bicara didepan cermin atau visual lain.


5. Fokuslah kepada pesan dan audience
Dengan fokus kepada pesan yang disampaikan dan audience, maka ketegangan anda akan menyurut.


6. Kenali audience
Bertegursapalah dengan benerapa audience sesegera tiba. Hal ini akan memudahkan kita untuk berbicara karena sudah mengetahui audience.


7. Perbanyak pengalaman
Pengalaman akan membangun kepercayaan diri. Dengan sering belajar bicara didepan audience maka kita akan terbiasa dan kepercayaan diri akan meningkat dengan sendirinya.

Itulah beberapa tips mengatasi rasa takut berbicara di depan umum. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita, karena ilmu akan lebih bermanfaat bagi kita bila berbagi dan untuk berbagi ilmu yang kita  miliki perlu dengan komunikasi yang baik dan enak didengar. Salam buletinesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Takut Berbicara Di Depan Umum? Ini Cara Mengatasinya"

Post a Comment