Siapa Bilang Panjatan Kulon Progo Gak Punya Tempat Wisata? Nih Ada Goa Kebon

Buletinesia - Panjatan Kulon Progo, pasti banyak sahabat yang belum tahu atau bahkan belum pernah denger nama daerah ini. Yaps, ini merupakan satu nama daerah yang kami tahu pun setelah ada anak yang PKL di tempat kerja. Sepertinya tempatnya sih agak terpencil dan pelosok kurang terkenal aja kok. Setelah beberapa minggu bersama, kami mendapat cerita ini itu. Dan dapatlah destinasi baru yang tersembunyi, tapi ternyata sudah didatangi oleh salah satu acara milik TV swasta.

Goa Kebon lah destinasi yang kami dapat. Goa Kebon terletak di Desa Krembangan, Panjatan Kulon Progo. Nah mungkin memang belum banyak yang tahu mengenai tempat ini. Padahal tempat ini menarik untuk dijadikan tempat wisata lokal. Hanya kurang dieksplorasi aja oleh desa setempat. Padahal sangat bisa sekali menjadi sumber pemasukan desa setempat jika tempat wisata Goa Kebon dikelola dengan baik. (like fanspage buletinesia di facebook untuk info wisata lainnya)


Mengapa dinamai Goa Kebon? Menurut kami, mungkin karena lokasi Goa tersebut yang berada di kebun. Sehingga oleh masyarakat sekitar diberi nama Goa Kebon, dimana Kebon (bahasa jawa) berarti Kebun (bahasa Indonesia). Goa Kebon merupakan bagian dari tebing sebagai tempat turunya air dari sungai yang berasal dari dataran atas. Keindahan terlihat dari air yang mengalir dari tebing atas kebawah, ditambah lagi dengan adanya lubang yang berada di muka tebing bebatuan yang dilewati aliran air tersebut, entah berapa dalam lubang itu belum ada yang pernah melewatinya. Namun karena perubahan iklim yang tidak menentu, airnya kini mulai berkurang. Tidak sederas dulu.


Sahabat mau pergi ke Goa Kebon? Tenang, kami akan mengulas mengenai Jalan dan Rute menuju Goa Kebon. Sebenarnya ada 2 jalan untuk menuju goa Kebon yaitu melalui jembatan Srandakan dan melalui Jalan Wates. Namun Rute melalui jalan Wates lah yang lebih mudah. Pertama, sahabat hanya perlu menuju jalan wates. Lalu lurus saja mengikuti jalan hingga sampai di Jembatan Bantar. Setelah itu lurus lagi hingga menemukan Tugu Pensil di kiri jalan dan lurus lagi hingga menemukan percabangan jalan lalu ambil kiri. Ikuti jalan lagi, disini sahabat akan menemui jalanan yang naik turus hingga masuk wilayah pedesaan. Nah silahkan tanya pada warga sekitar mengenai jalan selanjutnya untuk menuju Goa Kebon. :D

Selamat berwisata, mari kita tingkatkan wisata lokal. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, sopan santun, dan salam buletinesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Bilang Panjatan Kulon Progo Gak Punya Tempat Wisata? Nih Ada Goa Kebon"

Post a Comment