Safety Travelling, Untuk Kamu Yang Ingin Selamat Saat Ber-Out Door



Buletinesia - Hai sahabat traveler buletinesia. gimana kabarnya? Pasti masih semangat buat traveling ke tujuan selanjutnya. Setelah membahas tentang peralatan yang harus dibawa saat mendaki gunung. Kali ini buletinesia mau bagi-bagi tips nih buat semua warga penggiat kegiatan outdoor, dari temen-temen pramuka, pecinta alam, traveler, atau kalian yang cuma sekedar  hobi jalan-jalan. Supaya kegiatan kalian berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan tentunya sampai ke tujuan dengan selamat hingga kembali lagi ke rumah.

Ada beberapa hal penting yang sering diabaikan oleh temen-temen penggiat kegiatan outdoor nih. Beberapa diantaranya adalah keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan dalam melakukan kegiatan outdoor. Ketiga point itu adalah hal yang sangat penting, dan saling berkaitan, jadi kita tidak boleh mengabaikannya. (like fanspage buletinesia di facebook untuk info kekinanan lainnya).

Keselamatan adalah hal yang sangat penting bagi kita semua, baik saat menjalani pekerjaan maupun kegemaran kita. Begitu juga ketika kita sedang traveling. Banyak hal yang harus kita persiapkan agar keselamatan kita selalu terjaga. Yang pertama adalah perlengkapan untuk masing-masing individu, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dari penutup kepala, kacamata, syal, jaket, sarung tangan, jam, senter, ikat pinggang, celana lapangan, baju lapangan, sepatu atau sendal outdoor, sampai gaither (pelindung betis).

Dalam memakai perlengkapan pribadi sebaiknya disesuaikan dengan keadaan medan yang akan dilalui, jangan sampai salah memakai perlengkapan karena akan berakibat sangat fatal. Tentunya dalam memakai perlengkapan pribadi juga jangan sampai salah ukuran, apalagi jika kita meminjam pada teman.

Selanjutnya adalah peralatan navigasi darat. Navigasi darat sangat penting buat sahabat buletinesia yang hobi traveling, karena akan sangat membantu kita dalam menjelajahi medan, apalagi untuk tempat-tempat yang sama sekali belum pernah kita kunjungi.

 Peralatan dasar yang digunakan untuk membantu navigasi darat adalah peta, kompas, dan GPS.  Peta yang kita gunakan tentu harus sesuai dengan daerah yang akan kita datangi, jangan sampai salah bawa peta ya sahabat buletinesia. Masak mau traveling ke Lubuk Alung di Pariaman kita bawa peta Sumatra Utara. Nggak ada gunanya dong kita bawa-bawa peta tapi salah lokasi.

Kompas adalah alat untuk menunjukkan arah mata angin, saya rasa kalau kompas sahabat buletinesia pasti sudah tahu ya apa kegunaannya dan bagaimana cara menggunakannya.

GPS (Golbal Positioning System)? Apa ini? Simpelnya GPS adalah alat yang digunakan untuk menunjukkan lokasi atau posisi kita di permukaan bumi. Untuk kebanyakan handphone yang berbasis android biasanya sudah tertanam GPS, jadi sahabat buletinesia bisa memakai teknologi navigasi di android untuk membantu kegiatan outdoor kita. Meskipun keakuratan dan penggunaannya masih punya keterbatasan, setidaknya teknologi ini bisa membantu.

Tahap selanjutnya, sahabat buletinesia harus bisa membca peta, bisa menggunakan kompas, dan harus paham tentang penggunaan dan pembacaan GPS. Jangan sampai kita sudah memenuhi persyaratan navigasi darat tetapi kita tidak paham cara menggunakan peta (baca juga teknik saat kita tersesat).
                
Peralatan outdoor memang tidak murah, tapi alangkah lebih baiknya jika kita melengkapi semua perlengkapan keselamatan diri kita sendiri. Karena ini kan juga buat kita, bukan buat orang lain. Tips untuk pelajar atau teman-teman buletinesia yang minim budget adalah menggunakan peralatan dari tempat persewaan atau mungkin bisa meminjam dulu dari teman.

Semoga  tips ini bisa bermanfaat buat sahabat buletinesia dan semoga kita selalu diberi keselamatan saat travelling (baca juga menjadi super traveller sejati). Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Safety Travelling, Untuk Kamu Yang Ingin Selamat Saat Ber-Out Door"

Post a Comment