Fakta Dan Mitos Tentang Ngidam Saat Hamil


Buletinesia - Ngidam adalah sebuah siklus yang dialami oleh ibu hamil, biasanya terjadi pada 1-3 bulan usia kehamilan. Penyebab ngidam masih belum diketahui. Ngidam merupakan pertanda bahwa telah terjadi perubahan pada enzim dan hormon pada ibu hamil. Lalu apakah anda pernah mendapat masalah ketika berada pada siklus tersebut? Misalnya istri anda tiba tiba menginginkan rujak buah, padahal waktu sudah diatas tengah malam."Apakah perlu anda turuti?" Berikut Buletinesia akan memberikan fakta dan mitos tentang ngidam kehamilan yang mungkin bisa menjawab pertanyaan di atas. (baca: yang harus dilakukan apabila istri akan melahirkan anak pertama)



1. Ngidam juga terjadi pada calon ayah (fakta)
Para peneliti dari St George’s University, London, Inggris pernah melakukan penelitian kepada 282 calon ayah.Sebagian besar dari mereka mengalami gejala yang sama seperti yang dialami istri mereka ,seperti perubahaan mood, mual, depresi,mudah lelah, susah tidur, pusing, dan gejala ngidam lainnya.Hal ini masih menjadi misteri mengapa para calon ayah juga mengalami gejala tersebut. (klik like fanpage buletinesia di facebook untuk info kekinian)

2. Ngidam adalah keinginan bayi atau janin yang dikandung (mitos)
Hal ini tidak benar,tidak ada satupun penelitian ilmiah yang  bisa membuktikan hal tersebut.Ngidam lebih kepada aspek psikologis ibu hamil.

3. Apabila ngidam tidak dituruti ketika lahir bayi akan ngiler atau ngeces (mitos)
Seperti yang sudah kami jelaskan di atas ngidam lebih cenderung ke aspek psikologis ibu hamil.Apabila bayi ngiler setelah lahir itu menandakan akan tumbuh gigi,dan pencernaan bayi bekerja sebagaimana mestina.Jadi sebagai calon ayah anda tidak perlu selalu menuruti permintaan istri anda ketika ngidam sesuatu yang sangat sulit untuk didapatkan.Apalagi menginginkan makanan yang bukan nutrisi seperti es batu,debu dll.Dalam istilah medis gangguan makan  ini disebut PICA.

4. Ngidam mempengaruhi penampilan dan sifat bayi (mitos)
"Ibu kamu dulu ngidamnya mie ya?"pantesan rambut kamu kriting kayak mie." Pernyataan tersebut sering kita dengar di masyakat,padahal itu tidak ada hubungannya dengan ngidam kehamilan.Tidak ada penelitian ilmiah yang membenarkan hal tersebut.

5. Pilihan rasa atau makanan pada saat ngidam bisa digunakan untuk mendeteksi jenis kelamin bayi (mitos)
Contoh: apabila ketika ngidam makanan yang asin jenis kelamin bayi biasanya laki laki.Faktanya belum ada yang membenarkan mitos ini.Dalam hal ini lebih ke kebutuhan nutrisi si ibu hamil.Apabila nutrisi yang dibutuhkan tubuh garam,maka permintaan ngidam akan cenderung ke makananan yang terasa asin. 

Itulah tadi fakta dan mitos kehamilan tentang ngidam yang telah buletinesia rangkum. Semoga bisa menambah wawasan anda. Mohon bantuan untuk like dan sharenya. Salam buletinesia.














Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Dan Mitos Tentang Ngidam Saat Hamil"

Post a Comment