Buletinesia - Pajak STNK 5 Tahunan? Sudah Tahu Syaratnya? Yuk Intip Syaratnya

Buletinesia - Sudah menjadi kewajiban kita apabila mempunyai kendaraan bermotor, apa itu kewajibannya sahabat Buletinesia? Yaa salah satunya yaitu pajak STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Tetapi Sahabat Buletinesia apakah sudah tahu? Ternyata pajak STNK 5 tahunan juga ada lhoh, ga cuma pajak tahunan (Baca: Syarat Pajak Tahunan STNK). Oke, Sahabat Buletinesia sudah tahu syarat-syaratnya? Yuk kita bahas disini menganai pajak STNK 5 Tahunan.

1. BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
Buku ini memang penting sekali dan menjadi salah satu syarat uagar bisa melakukan pajak, karena buku ini memuat Nama, Alamat, Jenis Kendaraan dan masih banyak lainnya, Ya istiliahnya ID Card (Kartu Identitas) dari Motor dan Pemiliknya.

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)


2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
Pasti Sahabat Buletinesia kalau sedang bepergian pakai motor selalu bawa surat ini, kalau engga ya pasti kena tilang kalau lagi ada Razia Kendaraan Bermotor. Jadi di surat ini juga memuat identitas kendaraan, dan pemilknya juga.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan

3. KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau KK (Kartu Keluarga)
Sebagai warga negara yang baik, pasti punya sahabat Buletinesia punya KTP. Ya fungsi dari KTP pada saat pajak 5 tahunan ini, istilahnya untuk "melihat" apakah BPKP dan STNK ini alamatnya, nama pemiliknya sama dengan yang ada di KTP, tetapi bisa juga menggunakan SIM (Surat Ijin Mengemudi) ataupu menggunakan KK (Kartu Keluarga).

KTP (Kartu Tanda Penduduk)


5. Kertas Gesek dari Samsat
Ya, fungsi kertas ini yaitu untuk merekam Nomor Rangka, dan Nomor Mesin kendaraan yang akan kita pajak. Kertas ini sudah disediakan di Samsat dan yang akan merekam Nomor Rangka dan Nomor Mesin juga petugas yang ada di Samsat.
Kertas Gesek

6. Formulir Regestrasi Ulang Kendaraan
Nah formulir ini berisi identitas motor, identitas pemilik yang harus diisi oleh calon pemohon yang akan melakukan pajak 5 tahunan. Formulir ini juga terdapat di Samsat ya Sahabat Buletinesia, untuk kertas formulir ini harganya berbeda antara kendaraan roda 2 dengan roda 4.

Formulir Ulang


Begitu Sahabat Buletinesia, mudah kan untuk melakukan pajak STNK 5 tahunan? Lengkapi syarat-syaratnya ya, jangan sampai ada yang tertinggal. Salam Buletinesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Pajak STNK 5 Tahunan? Sudah Tahu Syaratnya? Yuk Intip Syaratnya"

Post a Comment