Buletinesia - Mesti Hanya Semalam,Ternyata Begadang Berdampak Pada Gen! Serius?

buletinesi-Begadang
Buletinesia - "Begadang jangan begadang, kalau tiada perlunya. Begadang boleh sajaaaaa,,,kalau ada perlunya" itulah sepenggal lirik lagu dangdut yang sering kita dengar. Mungkin menurut beberapa dari kita banyak yang mengatakan "sesekali begadang gak apa-apakan?". Nah, dari sinilah beberapa ahli menganalisa apakah ada dampak terhadap manusia yang sering begadang atau terhadap orang yang susah tidur malam (INSOMNIA).

Menurut beberapa ahli mengatakan bahwa tidur malam bukan hanya sekedar untuk istirahat dan pelepas lelah akan tetapi banyak manfaat yang terdapat di dalamnya.

Peneliti dari Swedia menyatakan bahwa begadang semalam atau tidak tidur selama satu malam dapat mengubah/merusak gen yang sebenarnya yang fungsinya mengendalikan sel-sel jam biologis dalam tubuh.
Dampak begadang terhadap otak

Dimana, sel-sel jam biologis ini berpengaruh terhadap segala sesuatu yang ada didalam tubuh manusia, seperti: nafsu makan, suhu tubuh, susah untuk fokus terhadap sesuatu, Keresahan, mood yang tidak stabil bahkan sampai rentan terhadap penyakit.

Setelah dilakukan penelitian terhadap 15 orang pria, akhirnya para peneliti menemukan bahwa efek dari pada kurang tidur atau begadang walaupun hanya 1 (satu) malam adalah perubahan yang cepat terhadap Gen.

“Ada hal yang menarik yang ditemukan, bahwa metilasi gen bisa diubah begitu cepat dan hal tersebut bisa terjadi karena jam metabolik ”  tutur Dr. Jonathan Cedernaes.

Para peneliti juga meyakini bahwa tubuh tidak mungkin dengan mudah mengatur ulang perubahan yang terjadi didalam tubuh dengan MEMBAYAR beberapa malam untuk tidur yang cukup.

Dr. Cedernaes juga menambahkan, “Setidaknya beberapa jenis kurang tidur atau memperpanjang waktu untuk terjaga, seperti dalam kerja shift dapat menyebabkan perubahan dalam multiorganisme jaringan yang dapat memengaruhi metabolisme dalam jangka waktu yang lebih lama.”

Jadi, Apapun alasannya TUBUH PUNYA HAK UNTUK TIDUR YANG CUKUP diwaktu malam dan menjaga kualitas tidur agar Kesehatan dan Pikiran terjaga dan sehat. Nah, buat sahabat Buletinesia masih mau mengorbankan tubuh lagi untuk begadang di malam hari? pikir lagi deh!

Nb: Jangan lupa baca juga 5 cara mudah untuk Meminimalisir Resiko Begadang (dibawah ini ya!!!)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Mesti Hanya Semalam,Ternyata Begadang Berdampak Pada Gen! Serius?"

Post a Comment