Buletinesia - Mengapa Matahari Saat Senja Berwarna Kemerahan?

Buletinesia - Matahari adalah salah satu penyokong kehidupan manusia di dunia ini, tanpa adanya matahari, kita yang hidup di dunia ini akan mengalami kedinginan bahkan tidak ada kehidupan di dunia ini. Tetapi taukan sahabat buletinesia? Kenapa matahari berwarna kemerahan saat senja? Dari buku ensiklopedia fisika oleh Drs.Purwanto, B,Sc yang berhasil dirangkum oleh buletinesia, bahwa matahari mempunyai suhu 15 juta derajat celcius yang kemuadian terjadi reaksi nuklir dengan mengubah 700 juta ton hidrogen menjadi helium setiap detiknya. Nah pantas saja meskipun jarak matahari dengan bumi 149.600.000 km, tetapi kita tetap merasakan panasnya. 

matahari
Sebelum membahas mengenai penyebab matahari berwarna kemerahan saat senja, kita akan membahas mengenai siang dan malam. Ketika matahari tenggelam karena bumi tempat tinggal kita ini mengalami rotasi, maka mengakibatkan separuh bagian dari bumi menjadi gelap dan separuh bagian lainnya akan memperoleh cahaya matahari. Kegelapan dialami oleh separuh bagian bumi selama kurang lebih 12 jam. Itulah yang menyebabkan terjadinya siang dan malam. 

siang dan malam di bumi
Sekarang kita akan membahs kenapa matahari berwarna kemerahan saat senja. Jadi saat bola raksasa panas ini tenggelam dari permukaan bumi atau saat senja, pada saat itulah berwarna jingga-kemerahan. Hal ini dikarenakan, ketika cahaya matahari menembus atmosfer bumi, cahaya akan dihalangi oleh debu, uap air, dan gas lain yang ada di bumi ini. Kemudian cahaya matahari akan terurai menjadi tujuh warna pelangi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Namun karena cahaya matahari dihalangi oleh atmosfer bumi yang berisi berbagai macam bahan tadi, penghalang ini membiaskan (memantulkan) warna ungu dan nila yang mengakibatkan warna ungu dan nila tidak sampai ke bumi dan kembali ke luar angkasa, tetapi warna jingga dan merahlah yang tidak dibiaskan oleh penghalang ini sehingga mengakibatkan warna ini sampai ke bumi. Alasan inilah yang mengakibatkan matahari berwarna kemerahan saat senja. Semoga bermanfaat, salam buletinesia.

matahari saat senja

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Mengapa Matahari Saat Senja Berwarna Kemerahan?"

Post a Comment