Buletinesia - Mendaki Gunung? Jangan Lupakan Ini Agar Selamat!

Buletinesia - Salam sejahtera untuk para sahabat buletinesia, mari dari pada kita bully sana sini yuk diskusi mengenai persiapan perjalanan saat mendaki gunung. Sebentar lagi kan ada event besar, libur lebaran & 17 agustus, dapat dipastikan waktu waktu ini pendakian akan sangat ramai.Untuk itu semoga tulisan ini dapat membantu saudara saudara kita nantinya dalam pendakian. 

Tidak dapat kita pungkiri setelah adanya film 5 cm dunia kepencita alaman meningkat drastis peminatnya. Hal ini sangat baik bagi iklim ekonomi&pariwisata di Indonesia namun mungkin karena ketidak tahuan dan kurangnya pemahaman mengenai pelestarian alam maka ada beberapa pendaki yang menghiraukan anjuran anjuran guna menjaga alam ini tetap hijau dan lestari. Dan karena faktor minimnya pengetahuan mengenai manajemen perjalanan & tipe medan gunung yang didaki, kerap kali kita mendapati berita hilangnya beberapa pendaki, cedera, bahkan tidak jarang ada yang harus meragang nyawa. Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk saling berbagi ilmu, pengalaman, cerita untuk kebaikan kita semua dan meminimalisir kejadian kejadian yang tidak kita inginkan.

Oke kita mulai dari dasar, persiapan dalam pendakian dibagi menjadi 4 besar, yaitu :

1.       Mental
Persiapan mental disini menjadi yang paling utama, kenapa? Pendakian merupakan kegiatan yang menguras tenaga & pikiran, dibutuhkan mental kuat untuk menjalani segala rintangan yang nantinya akan kita ketemui. Dalam istilah jawa “ojo mbok mbok’an” yaitu dapat bersikap mandiri syukur syukur dapat membantu memotivasi yang lain.
2.       Pengetahuan & keterampilan
Navigasi darat,survival, P3K merupakan pengetahuan dasar yang harus kita miliki sebagai seorang pendaki (ada pembahasan lanjut mengenai hal ini)
3.       Fisik
1 atau 2 minggu sebelum pendakian alangkah baiknya bila kita melakukan latihan latihan kardio seperti jogging & senam ringan guna mengurangi resiko cidera, kram dsb
4.       Etika
Kita merupakan tamu, seyogyanya tamu menjaga sikap agar tuan rumah juga segan kepada kita. Pelajari berbagai adat sekitar guna mempercepat adaptasi kita dengan lingkungan.


 Setelah 4 poin itu terpenuhi maka selanjutnya adalah perlengkapan perjalanan, hal ini sangat penting karena merupakan kebutuhan hidup kita selama pendakian.
1.       Carrier/Keril/Tas ransel


Pilihlah cariier yang sesuai dengan kebutuhan & waktu pendakian, missal untuk gunung prau, andong saya rasa cukup untuk membawa kapasitas 50 liter kebawah, sedangkan untuk pendakian gunung gede, merbabu, semeru minimal 60 liter keatas. Namun hal ini dapat kita siasati dengan manajemen pembagian kelompok perjalanan, sehingga beban dapat dibagi rata atau dibawa secara bergantian.

2.       Sepatu

Pilihlah sepatu yang sesuai dengan medan yang akan kita lalui nantinya,pilih yang alas solnya menggigit kesegala arah, menutupi mata kaki. saya menganjurkan agar tidak memakai sendal, karena resiko cedera, memar & luka sangat terbuka lebar apabila kita menggunakan sandal saat pendakian.

3.       Gaiter

Sangat berguna apabila kita melakukan pendakian di gunung Gede Pangrango yang masih banyak terdapat pacet/lintah. Di Merapi dan menuju puncak Semeru juga sangat berguna melindungi sepatu agar tidak kemasukan kerikil/pasir.

4.       Celana


Hindari menggunakan jeans, karena apabila basah akan menambah berat & dapat menimbulkan luka. Pilihlah yang berbahan kain yang menyerap keringat dan mudah kering serta nyaman saat digunakan.

5.       Baju/Kaos

Kurang lebih sama dengan celana,pilihlah yang berbahan lembut, menyerap keringat dan cepet kering, sebaiknya menggunakan lengan panjang sehingga melindungi kita dari hewan/tumbuhan yang dapat menimbulkan alergi, duri, dsb

6.       Sarung Tangan

7.       Perlengkapan Navigasi

Diantaranya kompas, peta, gps,altimeter merupakan hal wajib apabila melakukan pendakian ditembat yang masih baru dan belum banyak dilakukan pendakian ditempat itu.

8.       Head lamp / lampu senter
    Senter atauHeadlamp sangat penting dibawa apalagi pada perjalanan yang dilakukan di malam hari. Digunakan sebagai penerangan.

9.       Perlengkapan tidur


Tenda, hammock, bivac, skibo, syal, jaket, sarung tangan, pakaian tidur, kaos kaki, sleeping bag, matras merupakan 1 set perlengkapan tidur.Demi pencegahan penyakit kedinginan/hypotermia karena saat tidur kita tidak tau kapan akan datang cuaca ekstrim/ badai.

10.   Perlengkapan masak


Piring, sendok, gelas, nesting, kompor, bahan bakar, korek api sekarang ini sudah banyak alat alat ultralight hiking & trekking sehingga memudahkan kita.

11.   Perlengkapan P3K


12.   Minum & bahan makanan

Kebutuhan kalori orang dewasa rata rata 2500 kalori per hari untuk itu pilih bekal makanan yang memadai&bergizi jangan mi instan terus ya.

Baik, demikian dari buletinesia, sementara ini dulu ya sahabat buletinesia, mari kita diskusi, nanti kalau sudah final materi hasil diskusi, lalu kita buat dokumen. Mohon berkomentar santun. Salam buletinesia.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Buletinesia - Mendaki Gunung? Jangan Lupakan Ini Agar Selamat!"