Buletinesia - Liburan Murah Kawah Ijen dan Banyuwangi, Cuma 600 ribuan!

Buletinesia – Hai sobat Buletinesia sekalian, kembali lagi nih kami akan mengulas perjalan kami. Perjalanan yang kami lakukan sebelum bulan Ramadhan datang tepatnya pada akhir Mei sampai dengan Juni 2015. Kawah Ijen dan banyuwangi, itu yang akan kami bahas kali ini. Sobat semua pasti tidak asing lagi dengan Kawah Ijen dan Banyuwangi.

kawah Ijen merupakan kawah dengan pesona Api Biru nya. Sedangkan Banyuwangi merupakan Kabupaten yang terletak di ujung Timur pulau jawa. Yang menyimpan banyak keindahan tempat wisata seperti Baluran, Pantai-Pantai, Penangkaran Hiu, dan masih banyak lagi.
All About kawah Ijen dan Banyuwangi

Yaps langsung saja, untuk berlibur secara minimalis di Kawah Ijen dan sekitar Banyuwangi, sobat sekalian bisa menghabiskan waktu 4 hari. Ya manfaatkan saja liburan hari kejepit maupun sobat sekalian mengambil cuti khusus untuk berlibur. Perjalanan dimulai dari Yogyakarta dengan menggunakan Kereta Api Sri Tanjung jurusan Lempuyangan – Karang Asem. Kenapa Karang Asem? Karena ini merupakan stasiun terdekat daari Kawah Ijen. Kereta berangkat di pagi hari dan 14 jam kemudian kita akan sampai di Stasiun Karang Asem.
Stasiun karang Asem _ Kereta Sri Tanjung

Setelah sampai di Stasiun Karang Asem, sobat akan menemui beberapa warung dan rumah warga yang menyediakan Homestay maupun Jasa penyewaan motor. Untuk tarif sewa homestay, per  kamar berkisar 100 ribuan. Sedangkan untuk sepeda motor, berkisar antara 75ribuan. Dan tergantung nego sobat sekalian dengan yang punya.

1. Rencana Perjalanan
Ada beberapa opsi jadwal yang bisa disusun untuk berlibur di Banyuwangi antara lain :

OPSI

a
b
C (versi real kami)
Hari 1
Yogyakarta – Karang Asem – Kawah Ijen
Yogyakarta – Karang Asem – Bermalam

Yogyakarta – Karang Asem – Kawah Ijen

Hari 2
Baluran – Pantai Pulau Merah (bermalam)
Baluran – Kawah Ijen

Pantai Pulau Merah (bermalam) –
Hari 3
Teluk Hijau – Rajegwesi – Banyuwangi Kota (bermalam)

Pantai Pulau Merah - Teluk Hijau – Rajegwesi – Banyuwangi Kota (bermalam)
Rajegwesi – Teluk Hijau – Bangsring – Baluran – Kawah Ijen
Hari 4
Kembali ke Yogyakarta

Kembali ke Yogyakarta

Kembali ke Yogyakarta
                Untuk perjalanan versi real kami, kenapa kami pergi ke Kawah Ijen 2 kali? Karena pada saat perjalanan kami yang pertama, kami dihadang hujan deras dan tidak mendapatkan api biru yang sangat ingin kami lihat. Untuk itu kami memutuskan untuk kembali di malam terakhir dengan taruhan jika waktu yang kami habiskan di kawan ijen terlalu lama, maka kami akan kehilangan tiket kereta kami. Untuk itu, hitung perkiraan waktu dengan seksama ya sobat. :D Dan kemarin kami belum sempat masuk ke Baluran, karena kami terlalu asyik snorkling di Bangsring, jadi hanya ada foto di gerbang Balran saja L

 2. Kawah Ijen
Menurut Wikindonesia  Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang terletak di kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen  di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso. Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Kawah Ijen memiliki pesona Api biru yang konon katanya hanya ada 2 di dunia yaitu di Indonesia (Kwah Ijen) dan Islandia.
Untuk Menuju kesini, sobat bisa menggunakan sepeda motor dengan waktu kurang lebih 1 jam dan jalan yang nak turun. Jika sobat ingin mengejar Api Biru, kami sarankan untuk berangkat dari Banyuwangi sekitar pukul 23.00 atau 24.00 karena pintu pendakian mulai di buka pukul 01.30  diihari.
Biaya Retribusi cukup murah hanya sekita 7.500/orang. Dan waktu pendakian untuk sampai puncak kurang lebih 1 – 2 jam, dan waktu untuk turun ke kawah sekitar 30 menit. Barulan Api biru terlihat.
Kawah Ijen - dalam kawah - Blue Fire


3. Baluran
Baluran merupakan Kawasan taman Nasional yang memiliki keanekaragaman flora dan Faunanya. Kawasan Ini cukup luas sobat. Butuh waktu banyak untuk mengabiskan waktu disini. Baluran meliputi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Dari berbagai obyek wisata yang ada di Taman Nasional Baluran sebagian telah dikembangkan menjadi produk wisata, antara lain Gua Jepang, Curah Tangis, Visitor Centre, Candi Bang, Savana Semiang, Savana Bekol, Evergreen Forest Bekol, dan Pantai Bama.
Untuk menuju Baluran, dari Banyuwangi kira-kira memakan waktu 1,5 jam. Dan disepanjang jalan, sobat sekalian akan melewati jalanan pinggir laut dan dapat melihat pulau Bali. Dan harga tiketnya hanyaa sekita 7.500 rupiah saja.
Baluran


4. Pantai Pulau Merah, Rajegwesi, dan Teluk Hijau
Gugusan pantai ini berada di Selatan Banyuwangi. Untuk menuju kesini, sobat bisa menggunakan Aplikasi Maps dan membutuhkan wantu untuk sampai di Pantai Pulau Merah. Disini ada Homestay dengan tarif berkisar antara 100ribuan dan tiket masuk hanya 5000/orang.
Untuk menuju Rajegwesi dan teluk Hijau, bisa menggunakan kapal dari Pantai Pulau Merah ini, namun harganya masih rlatif mahal. Kami sarankan teman-teman untuk memakai motornya tadi saja dan menhabiskan waktu sekitaar 1,5 jam karena jalan yang masih rusak. Dan pemandangan Sepanjang jalan Pun cukup bagus kok sobat. Retribusi di Rajegwesi dan Teluk Hijau juga hanya sekita 5.000 rupiah saja.
Tapi untuk menuju Teluk hijau, dari teempat parkir kita harus berjalan lagi dengan track yang lumayan sekitar 1 jam lagi.
Pantai Pulau Merah - Track Teluk Hijau - teluk Hijau a.k.a Greenbay

5. Bangsring
Bangsring merupakan area konservasi terumbu karang dan ppenangkaran hiu. Tempat ini belum sepopuler yang lainnya kareena memang tidak diperkenalkan secara luas agar area konservasi ini tetap terjaga. Tetapii kalau sobat mau kesisni, diperbolehkan kok.
Disini ada rumah apung yang jika sobat ingin kesana, sobat hanya perlu membayar 5.000 rupiah saja untuk menyebrang puulang pergi. Dan jika ingin snorkling dan berenang bersama hiu, hanya perlu tambahan menyewa alat snorkling lengkap dengan harga 25.0000 rupiah.
Diatas Rumah Apung - Penangkaran Hiu

6. Banyuwangi Kota
Banyuwangi kota, ya kita hanya akan mengelilingi kota Banyuwangi selama perjaalanan berangkat atau pulang dari tempat wisata. Misal sepanjang jalan dari baluran dan bangsring, sobat akan melewati beberapa spot seperti pantai Boom, Pelabuhan Ketapang, dan pinggir laut. Atau sobat bisa berkeliling di Banyuwangi untuk mecari nasi tempong yang kalau di Jogja nasi pecel lele ataupun oleh-oeh khas Banyuwangi seperti bagiak berbagai rasa.
Sekitar Kota Banyuwangi

7. Biaya
Untuk biaya yang kami habiskan kemarin. Hitungan untuk 2 orang sekitar 1,3 jutaan. Dengan rincian sebagai berikut :
Keperluan
Nominal
kereta sri tanjung (jogja-karangasem)
200.000
kereta sri tanjung (karangasem-jogja)
200.000
sewa motor 3 hari + bensin
250.000
homestay @pulau merah
125.000
Wisata kuliner & perbekalan
225.000
tiket,retribusi,parkir, sewa alat, dsb
100.000
oleh oleh
100.000
Uang cadangan
100.000
Total (2 Orang)
1.300.000
Biaya 1 Orang
650.000

Selamat berkunjung untuk sahabat Buletinesia yang ingin mengunjungi Kawah Ijen dan sekitar Banyuwangi. Jangan buang sampah sembarangan dan tetap jaga kebersihan ya Sobat :D
Buletinesia



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Liburan Murah Kawah Ijen dan Banyuwangi, Cuma 600 ribuan!"

Post a Comment