Buletinesia - Kapan Matahari Akan Berakhir dan Mati?

Buletinesia - Setelah membahas tentang alasan kenapa warna matahari kemerahan saat senja (baca juga fakta galaksi bima sakti), kali ini buletinesia akan berbagi mengenai kapan berakhirnya matahari. Apabila dibayangkan ngeri juga ya sahabat buletinesia kalau sampai matahari berhenti mengeluarkan panas dan cahaya, bisa jadi kutub es semua nih bumi. Jangan pakaian yang biasa kita jemur, tumbuhanpun tak bisa hidup tanpa adanya matahari, bahkan bisa tanpa kehidupan kalau sampai matahari berakhir

lidah matahari

Jadi sampai saat ini matahari menggunakan reaksi nuklirdengan memanfaatkan zat hidrogen agar tetap bisa mengeluarkan panas dan cahaya. Menurut para ilmuwan yang dikutip dalam buku karangan Drs. Purwanto, B.Sc, persediaan hidrogen untuk reaksi nuklir ini cukup untuk kurang lebih 5 miliar tahun mendatang. Tetapi apa yang terjadi apabila reaksi hidrogen ini sudah tidak berlangsung atau sudah mati? Ketika persediaan hidrogen habis, matahari akan menggunakan helium untuk reaksi nuklir. Nah lhoh masih ada cadangan, kalau seandainya helium juga habis? Maka yang terjadi adalah permukaan matahari akan menjadi dingin dan selanjutnya matahari akan membengkak menjadi bintang raksasa merah (red giant).


red giant

Pembengkakan akan berjalan terus menerus hingga akhirnya akan menjadi lebih besar atau lebih dikenal dengan nama super red giant, yang kemudian karbon dan silikon yang sudah ada di inti matahari akan tertekan dan membentuk besi. Begitu sudah terbentuk besi pada inti matahari ini, maka akan menyerap energi dantiba-tiba terjadi ledakan lalu hancur berkepimg-keping hanya dalam beberapa detik. Hancurnya super red giant ini memicu ledakan dahsyat yang disebut supernova.

supernova


Begitulah ulasan mengenai kapan berakhirnya matahari yang berhasil dikutip oleh buletinesia, mengerikan juga ya sahabat buletinesia apabila matahari tiba-tiba kehabisan hidrogen maupun heliumnya? Nah untuk saat ini kita wajib bersyukur atas segela rahmat Tuhan semesta alam, yang telah menciptakan alam dengan keseimbangannya. Semoga bermanfaat, salam buletinesia.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Buletinesia - Kapan Matahari Akan Berakhir dan Mati?"

  1. Mungkin klo matahari mati seluruh kehidupan di bumi juga akan mati karena musim dingin abadi,hii ngeri

    ReplyDelete