Buletinesia - Inilah Fakta Menarik Tentang Galaksi Bima Sakti!

Buletinesia - Galaksi Bima Sakti adalah objek yang misterius dan menakjubkan di langit. Sebenarnya galaksi Bima Sakti dapat dilihat dengan mata telanjang saat malam hari dengan cuaca cerah tak berawan dan tak berbulan. Tetapi tahukah sahabat buletinesia? Ternyata galaksi Bima Sakti memeliki fakta yang menarik  dan sangat menakjubkan untuk dipelajari. Dari buku ensiklopedia fisika karya Drs. Purwanto, B.Sc, buletinesia berhasil merangkum fakta menarik mengenai galaksi Bima Sakti tersebut, antara lain.

1. Memiliki milyaran bintang
Galaksi Bima Sakti memuat miliaran bintang didalamnya. Galaksi yang kita tempati ini memiliki diameter 100 ribu tahun cahaya, ketebalannya 1.000 tahun cahaya. Jadi maksud dari kecepatan cahaya ini adalah, bahwa cahaya saja butuh waktu 100 ribu tahun untuk menjangkau diameter galaksi Bima Sakti ini, sederhananya apabila kita menyalakan senter dan diarahkan ke sembarang tempat maka cahaya senter ini butuh ratusan ribu tahun agar dapat menjelajah diameter dari galaksi ini. Jadi wajar kalau galaksi ini memiliki milyaran bintang.

galaksi Bima Sakti

2. Revolusi (perputaran)
Galaksi Bima Sakti ini berputar pada sumbunya dengan kecepatan 250 km per detik. Sahabat buletinesia bisa membayangkan? 250 km per detik itu seperti apa? Naik motor 100 km per jam aja sudah ngebut.

3. Bentuk galaksi Bima Sakti
Jika dilihat dari atas, galaksi Bima Sakti memiliki bentuk spiral, apabila dilihat dari samping berbentuk sepeti dua telur goreng mata sapi yang menyatu dengan putih telurnya. Mempunyai tonjolan di bagian tengahnya dan dikelilingi piringan datar yang besar.

galaksi Bima Sakti tampak atas
4. Jarak Matahari dengan pusat galaksi Bima Sakti
Jarak Matahari kita dengan pusat galaksi Bima Sakti mempunyai jarak kira-kira 30.000 tahun cahaya. Dimana bagian pusat dari galaksi Bima Sakti ini ditempati oleh bintang-bintang yang berumur tua.

jarak Matahari dengan pusat Bima Sakti

5. Memiliki legenda
Karena apabila kita lihat dari bumi, galaksi ini akan terbentuk seperti awan putih yang lembut yang terdapat bintang-bintang yang mengikuti awan putih ini, sehingga pada zaman dahulu orang-orang sering menyebut bahwa galaksi ini merupakan jalan bagi para malaikat naik ke langit. Tetapi setelah ilmu pengetahuan berkembang, ternyata ini adalah galaksi Bima Sakti yang memiliki milyaran bintang  atau orang sekarang sering menyebutnya milky way (jalan susu).

milky way 

Itulah fakta tentang galaksi Bima Sakti yang berhasil dirangkum oleh buletinesia. Ternyata sungguh luas alam semesta ini, kita yang berada di bumi ini akan semakin sangatlah kecil.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Buletinesia - Inilah Fakta Menarik Tentang Galaksi Bima Sakti!"

  1. waahhh kalau dipikir2 lagi ternyata luar angkasa emank luas.. satu galaxy aja udah ada milyaran bintang sedangkan jumlah galaxy belum diketahui jumlahnya

    ReplyDelete
  2. infonya menarik sob muatan edukasi

    ReplyDelete
  3. 100 ribu tahun cahaya itu berrarti,klo kita pengen pergi ke galaksi lain brrti kita butuh waktu 100 ribu tahun dengan kecepatan cahaya atau setara klo gk salah 300jt/kmph,sedangkan menurut teori relativitas benda yang mendekati kecepatan cahaya akan musnah,kpn yah manusia bisa menjelajahi galaksi lain?

    ReplyDelete