Buletinesia - Divisi Humas Mabes Polri Klabakan Mengomentari Point G, Netizen Tertawa (Moge VS Sepeda)

Buletinesia - Terkait dengan aksi Elanto Wijoyono (32) yang berani menghadang sebuah moge di Jl.Ring Road Utara (Gejayan, Yogyakarta) tepatnya dua hari sebelum perayaan kemerdekaan RI yang membuat heboh jagad internet Indonesia dan mengakibatkan Yogyakarta menghangat. 

aksi Elanto menghadang moge
Diberbagai group FB aksi Elanto ini ramai dibicarakan karena tindakannya, seperti di group "jual beli barang bekas anak kos jogja yogyakarta" foto Elanto menghadang moge yang diupload oleh akun Vhero Nicha langsung ramai menunai komentar dari netizen. Rata-rata netizen memuji aksi berani Elanto menghadang moge agar  tertib lalu lintas. Namun sehari setelah aksi Eleyanto ini, akhirnya fanspage Divisi Humas Mabes Polri menanggapi kasus  Moge VS Sepeda ini, dan menaggapi kewenangannya mengenai pengawalan moge. Dilansir dari halaman islamtoleran.com, tanggapan dari fanpage Devisi Humas Mabes Polri ini malah menunai kritikan dan bully dari netizen facebook. Berikut tanggapan dari Divisi Humas Mabes Polri yang diposting pada tanggal 16 Agustus 2015.

Taukah Mitra Humas siapa saja pengguna Jalan yang memperoleh Hak Utama untuk didahulukan menurut Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan? Berikut urutan :
a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas;

b. Ambulans yang mengangkut orang sakit; 
c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas;
d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;
e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;
f. Iring-iringan pengantar jenazah;
g. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kami sudah sering sosialisasi lho Mitra Humas, silahkan lihat postingan- postingan kami sebelumnya.
Dari postingan tersebut Polri mengira lewat penjelasan UU polisi yang mereka jelaskan ke masyarakat akan membuat rakyat jadi paham, dan tidak lagi menyalahkan pihak kepolisian, namun ternyata justru malah kena bully netizen. Masyarakat ramai ramai berteriak #SavePointG sebagai bentuk sindiran kepada polisi yang tidak teliti membaca undang-undangnya sendiri karena pada point G sama sekali tidak menerangkan soal mengawal pengendara motor Moge.
Berikut ini isi lengkap Point G  Pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan:
penjelasan mengnai point G

Yang dimaksud dengan “kepentingan tertentu” adalah kepentingan yang memerlukan penanganan segera, antara lain, Kendaraan untuk penanganan ancaman bom, Kendaraan pengangkut pasukan, Kendaraan untuk penanganan huru-hara, dan Kendaraan untuk penanganan bencana alam. Rakyat yang mengharapkan kepolisian bisa menjadi pengayom justru memperlihatkan dirinya seolah-olah membela pihak yang bayar.
Akhirnya untuk menutupi postingan menganai undang-undang tersebut  akhirnya pihak admin facebook Divisi Humas Mabes Polri mengedit postingannya yang kemarin diserbu dan dikecam puluhan ribu netizen dengan cara menghapus penjelasan poin G pasal 134 UU RI No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Bisa dilihat perbedaan postingan admin Divisi Humas Mabes Polri yang dibuat kemaren dengan yang barusan di edit di link berikut ini https://mobile.facebook.com/edits/?cid=1145770052118516&refid=52&hc_location=ufi
Pihak Kepolisian dari  Divisi Humas Mabes Polri pagi ini kembali membuat postingan berisi permintaan maaf atas kesalahan postingan yang dibuatnya kemaren seputar masalah moge, berikut ini kutipan lengkapnya:
TERIMA KASIH
Terkait dengan postingan kami masalah "moge", kami sangat berterimakasih kepada Mitra Humas atas atensi yang berikan berupa komentar kritik dan saran. Sampai dengan saat ini ada sekitar 20 ribuan komentar yang telah masuk.
Ini akan menjadi masukan yang sangat berarti bagi kami sehingga kami bisa terus melakukan perbaikan dan kinerja khususnya dalam melayani masyarakat.
Polri sangat terbuka dengan kritik dan saran yang membangun sehingga kami bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih baik lagi.
Jaya Polri...

Jaya Indonesia...
Dirgahayu Indonesia yang ke 70

Begitulah isi dari fanspage Divisi Humas Mabes Polri, harapan kita semoga Indonesia ini tetap maju, tertib selalu dan tidak terulang lagi kejadian-kajadian yang mengganggu ketrentraman. Dirgahayu Indonesia yang ke-70 dan jayalah Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Divisi Humas Mabes Polri Klabakan Mengomentari Point G, Netizen Tertawa (Moge VS Sepeda)"

Post a Comment