Buletinesia - Bukit Watu Lumbung Bantul, Wisata Edukasi Kekinian Yogyakarta!

Buletinesia - Hai sahabat buletinesia sekalian. Kali ini kami akan mengulas perjalanan kami ke Bukit Watu Lumbung Bantul. nah, sahabat semua pasti tidak asing lagi dengan nama Watu Lumbung. Eits tapi tunggu dulu, ini bukan Watu Lumbung Pantai yang ada di Gunung Kidul lho. Ini adalah sebuah Bukit yang ada di utara Pantai Parangtritis, tetapi beda dengan Bukit Paralayang itu. Untuk lokasinya berada di daerah Bantul.

Nah, untuk menuju ke Bukit Watu Lumbung Bantul, sahabat semua bisa menyusuri jalan Parangtritis lurus menuju ke arah Pantai sampai Jembatan Kretek. Dari Jembatan Kretek kita langsung ambil kiri, lalu jalan pelan-pelan dan ambil ke arah kanan kejalan menuju bukit. Sahabat sekalian perlu berhati-hati saat menaiki bukit, karena jalanannya yang menanjak dan minim penerangan.

Di Bukit Watu Lumbung Bantul ini terdapat kampung edukasi bahkan bisa menyebutnya sebagai wisata edukasi, penginapan (yang katanya belum terlalu dibuka untuk umum), serta ada semacam kafe di atas bukit. Dan tempat yang kami kunjungi adalah Kedai Wedangan. Kedai ini berada di kanan jalan di atas bukit, ditandai dengan banyaknya pohon bunga matahari di depan Kedai. :D

Kedai ini didirikan oleh sepasang suami istri yang kami lupa namanya. Tempatnya asyik, bersih, dan pelayanannya pun ramah. Disini merupakan spot yang tepat untuk menikmati sunset. Dan jika cuaca cerah, kita pun bisa menikmati pemandangan 4 gunung sekaligus yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing. Pantai Parangtritis pun akan terlihat jika cuaca mendukung. Untuk masalah harga, menurut kami harganya sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan disini. Seperti suasana, udaranya, dan pemandangannya yang super ajib :d: Untuk pemandangan malamnya pun tidak kalah bagus, kita akan menikmati pemandangan seperti di Bukit Bintang.
pemandangan malam

Dan karena Kedai ini mendukung sekali budaya baca dan ditambah adanya kampung edukasi di atas kedai ini. Maka kedai ini mengadakan Program yang cukup unik lho yaitu dengan kita membawa minimal 3 buku bacaan, maka kita dapat menukarnya dengan 3 menu yaitu Es Teh+Pisang Cocol+Tahu Cocol. Menarik bukan?  Kita dapat tetap menikmati makanan, namun kita juga bisa membantu meningkatkan budaya membaca dengan menyumbangkan buku kita yang sudah tidak terpakai.
tukar buku dengan menu

Untuk fasilitas di Kedai Wedangan Bukit Watu Lumbung Bantul ini sudah cukup lengkap dan sangat terawat kok. Berikut penampakannya :
1. Parkiran
Maaf untuk parkiran, kami belum mendokumentasikannya. Next time, pasti di update.

2. Kedai Tampak Depan
Di depan kita akan menemui tulsan Kedai, beberapa pohon Bunga Matahari, serta ada kolam ikan dan tempat duduk. 
Tampak Depan
3. Kedai Tampak Dalam
Untuk bagian dalam, kita lihat secara meyeluruh di foto di bawah ini.
Dalam Kedai
4. Meja dan Kursi Kedai
Untuk meja dan kursi, ada berbagai macam meja dan kursi. Ada yang standar, terbuat dari bambu, dan meja kursi yang seperti ayunan. Dan di setiap meja dilengkapi asbak berbentuk kepala gorila.
Meja dan Kursi
5. Toilet
Nah, untuk yang beser. Tenang.. Di sini sudah ada toilet yang saya bilang back to nature. Karena dindingnya yang terbuat dari bilik bambu dan bak airnya dari tanah liat.
Toliet
6. Mushola
Bagi sahabat yang beragama Islam, di sini udah ada mushoa lengkap dengan sarung dan mukena nya juga. jadi gak ada alesan buat gak sholat waktu kesini :p
Mushola
 7. Perpustakaan
Ini dia tempat dimana buku-buku milik pemilik Kedai dan sumbangan teman-teman pengunjung dikumpulkan. Diharapkan dengan adanya perpustakaan mini ini dapat meningkatkan Budaya Membaca baik bagi pemilik, pengunjung, maupun warga sekitar. Ditunggu kedantangan dan bukunya ya sobat.

Perpustakaan Mini
Itulah ulasan buletinesia mengenai wisata edukasi Bukit Watu Lumbung Bantul. Tambahan aja buat temen-temen yang mau kesini, bawa aja buku yang udah gak kepake. Itung-itung ngebantu wisata edukasi, selain itu bisa dapet menu gratis lagi. Jangan lupa juga bawa jaket, karena hawanya dingin banget. Dan yang paling penting, Selalu jaga kebersihan ya, salam buletinesia. Like fanspage buletinesia untuk wisata lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Bukit Watu Lumbung Bantul, Wisata Edukasi Kekinian Yogyakarta!"

Post a Comment