Buletinesia - Punya Batu Akik? Yuk Uji Kekerasannya disini

Buletinesia - Hai Sahabat Buletinesia, kali ini akan berbagi mengenai percobaan kekerasan batu akik, secara Ilmiah Batu Akik adalah batuan yang mengalami Altrasi atau perubahan yang disebabkan oleh tekanan dan temperatur. Tahukah anda, perubahan tersebut akan mempengaruhi kekerasan batuan yang dihasilkan. Dengan menggunakan Skala Mohs, kita akan menguji seberapa keras batu akik yang kamu miliki. Langsung saja kita mulai ya Sobat Buletinesia. 

1. Skala Mohs memiliki nilai dari 1-10
Bati Digores

2. Kita permudah untuk penilainya dengan menggunakan benda yang ada disekitar kita

3. Nilai 1 yaitu Talc, mungkin  benda seperti kapur yang mudah rapuh, nilai 2-2.5 adalah kuku (ujung kuku manusia),dan bagaian terkeras dari tubuh kita yaitu gigi mempunyai nilai 5, pisau dari baja juga mempunyai nilai 5, tetapi pisau baja yangbermutu tinggi bisa mempunyai nilai sekitar 6,5 sedangkan kaca mempunyai nilai 5.5, dan nilai tertinggi yaitu INTAN yang mempunya  nilai 10.
4. Untuk mengujinya, dapat dengan menggores, ingat menggores ya bukan membanting atau yang lainnya
6. Contoh, batu akik jenis intan tidak akan tergores dengan menggunakan kaca, pisau, atau benda yang lainnya yang nilainya dibawah 10 karena intan memiliki nilai kekerasan paling besar yaitu 10, tetapi sebaliknya intan bisa menggores kaca maupun pisau dari baja

Selamat mencoba sahabat buletinesia, selamat menggores-gores yaa, tetapi hati-hati nanti batu akiknya lecet-lecet








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Punya Batu Akik? Yuk Uji Kekerasannya disini"

Post a Comment