Buletinesia - Mendaki Gunung Semeru dengan Modal 700 Ribuan? Bisa? Bisa Banget!

Buletinesia - Halo sahabat buletinesai, pada tahukan Gunung Semeru? yap pastinya! Gunung Semeru alias Mahameru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl. Gunung ini populer setelah ada film 5 cm. Sebenernya bagus sih jadi populer, tapi sayang akibat ulah para pendaki tidak bertanggung jawab, gunung ini jadi kotor :( . Eeeh kok malah curhat, back to the topic aja yah.

Buat kalian yang pengen kesini tapi minim budget, tenang aja, dengan 700 ribuan, kalian bisa kok buat kesini. Iya kesini, ke Gunung Semeru :D
Saya bakalan share mengenai biaya dan gambaran medan disana. Pendakian ini saya lakukan pada bulan Agustus 2014 tahun lalu. Waktu yang dibutuhkan sekitar 4-5 hari dengan start poin dari Yogyakarta.

Rabu malam, 13 Agustus 2014
1. Perjalanan Jogja - Malang
Rabu malam (13 Juli 2014)  rombongan saya berangkat dari stasiun Lempuyangan menggunakan kereta Gaya Baru Malam Selatan tujuan Surabaya gubeng. Karena delay sekitar 2,5 jam, kami pun sampai di Stasiun Surabaya Gubeng sekitar  pukul 4.00 pagi. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan ke Malang dengan menggunakan kereta Api Penataran Ekspress yang berangkat pukul 8.30 pagi dan sampai di Malang sekitar pukul 11.00 siang.
Kenapa kita tidak langsung naik kereta Jogja-Malang? Karena jika langsung, biayanya sangat mahal, bisa untuk ongkos kita PP. kan sayang, kalo bisa hemat kenapa enggak :D

Kamis, 14 Agustus 2014
2. Malang - Ranu Pani
Setelah sampai di stasiun Malang, kita terus kita istirahat bentar terus carter angkot buat ke Tumpang.. Sampe di Tumpang kita ngisi ini itu, terus nyarter angkot lagi buat sampe di Gubuk Klakah, baru kita nge-jeep sampe Ranu Pani.
Catatan: tumpang merupakan tempat terakhir buat ngisi logistik, jadi siapkan logistikmu disini :D
perjalanan ke Ranupani lumayan lama, sekitar 2 jam lah. tapi pemandangannya bagus banget dan kita sempet boleh turun buat foto-foto ditengah jalan :p. Finally sampe juga di Ranupani.
Di Ranupani kita ngurus simaksi, simaksinya sih aku udah online. Tapi nyatanya enggak online pun bisa tetep naik kok gaes. kita mampir shalat, makan, sama packing terakhir sebelum jalan dan Bismillah. Berangkat!

3. Ranu Pani - Ranu Kumbolo
Perjalanan dimulai sekitar jam 5an, treknya  mudah kok. ada naik turun dikit-dikit gitu lah, udah ada konbloknya gitu, jadi aman.Tapi jangan lupa ya pake headlampnya atau senter, karena hari sudah gelap
Jam 9an malam kita sudah sampai Ranu Kumbolo,  kita buruan ndiriin tenda, sama ada yang rebus air buat minum + makan. Karna jujur, udaranya dingin banget, abis makan kita tidur.
Paginya, dalam suasanan dingin, kita bangun foto-foto, makan, terus lanjutin perjalanan.
Salam dari Ranu Kumbolo

Jumat, 15 Agustus 2014
4. Ranu Kumbolo - Cemoro Kandang
Perjalanan dari Ranu Kumbolo sampe Cemoro Kandang 2 jam lah, itu aja kita banyak foto-fotonya :p
dari Ranu Kumbolo kita harus harus lewatin Tanjakan Cinta Dulu, tanjakan yang menurutku gak cinta kita. Gile aja, tanjakannya nanjak banget coy, terus kita lewatin turunan cinta buat sampe ke Oro-Oro Ombo, tapi sayang banget, Oro-Oro Ombonya udah gak cerah ungunya, tapi tetep bagus buat foto-foto kok..
Setelah lewatin Oro-Oro Ombo, kita bakalan sampe ke Cemoro Kandang. Disini kalian bisa nemuin Alfamaart yang buka dari pagi sampe menjelang sore, jadi jangan khawatir kelaperan, ada semangka dan aneka gorengan seharga 5rb per 2 pcs, nasi bungkus kayanya 15 rebong, minuman juga sekitar segitu deh :p ini beberapa penampakannya.

Katanya Tanjakan Cinta 

Turunan Cinta

Oro-Oro Ombo

Alfamartnya Cemoro Kandang

5. Cemoro Kandang - Kalimati 
Kira-kira 2,5 jam
Dari Cemoro Kandang buat ke Kalimati, butuh perjuangan yang ekstra. Jalannya nanjak terus bos, sampe Jambangan. Alhasil selama oteewe ke Jambangan, aku banyak berhenti.
Sedangan trek dari Jambangan ke Kalimati udah lumayan mudah kok, dan pemandangannya bagus banget lhoo.
Malemnya kita bener-bener harus tidur, kalo bisa bawa obat tidur sekalian, soalnya kita harus ngisi Tenaga buat Summit bsesok..Kegiatan disini ya gitu, beres-beres, makan, sama istirahat.

Subhanallah, Mahameru yang bakal kita daki
(Foto Diambil di Jambangan)

Kali Mati Broo!

Sabtu, 16 Agustus 2014
6. Kalimati – Arcopodo
Sekitar  1,5 jam
Sekitar jam 1, kita bangun. Terus makan terus siap-siap. Yang katanya, perjuangan yang sesungguhnya dimulai. Kita bakalan summit. Bismillah kataku dalam hati. Oh ya, jangan lupa ya, pakai jaket, headlamp, masker, sama bawa bekal gaes. Dan jangan lupa pakai Gaiter, buat lindungin kakimu.
Kita mulai jalan lagi jam setengah 2an siang. Jalannya ini lebih dasyat dari perjalanan ke jambangan. Disini udah berdebu dan berpasir sedikit, meskipun masih ada pohon-pohonya. Setelah 1,5 jam kita udah sampe di Arcopodo dan disini terakhir kita nemuin pohon.

7. Arcopodo – Mahameru
Sekitar pukul 04.00 pagi, kita mulai memasuki trek yang luar biasa.  Udah abis aja nih pohon-pohonya, treking mulai pasir. Maju 5 langkah, mundurya 3 langkah, gitu terus, terus dan terus dan kita terus melangkah, dari gelap terbitlah terang. 

 Fajar di Mahameru

Trekking Mahameru 
Perjalanan dilanjutin terus, ditengah jalan ada insiden kayak film 5cm.. dimana ada batu-batu yang besar banget longsor. Pukul 10.00 atau 11.00 siang, rombongan sampai di Puncak dan foto-foto sebentar, lalu kembali turun ke kalimati.

Puncak Mahameru

Sorenya kita memutuskan untuk turun, dan nge-camp lagi di Ranu Kumbolo. Besok paginya kita turun ke Basecamp Ranu Pani, perjalananya lewat jalur yg sama. Dibalik aja treknya, terus otomatis lebih cepet juga.
Gerbang Masuk Jalur Pendakian

Sampai di Ranu Pani kita mampir buat beli minum dan gorengan buat ngisi perut dan ganjel dikit lah. kemaren kita naek pakai Jeep, kalo sekarang kita turun lagi ke Tumpang pake truk sayur. Biayanya sama kok, ini emang udah peraturan, buat bagi-bagi rejeki gitu.

Sampai Tumpang sekitar jam 4 sorean, kita mutusin cepet2 hubungin temen kita Jojo. Dia yang beliin tiket Bis ke Jogja. Dia khawatir banget, kita gak turun-turun, sampe nangis darah dia :)) . akhirnya kita janjian di Terminal Arjosari. Kita ke Arjosari naek angkot, kali ini kita gak nyarter. Jadi gabung sama penumpang lain dan tas2 carier kita Cuma ditaruh di atas angkot dan hebatnya, tasnya gak ada yang jatuh selama perjalanan. :D

Di Arjosari kita bersih-bersih, repacking, dan mandi plus makan. Sambil nunggu jadwal terbang bis kita dan gak lupa buat beli oleh-oleh.
Finally, bis nya kita udah dateng dan kita kembali ke Jogja tercinta dengan penuh keceriaan dan kebahagiaan :D
Dan percayalah, setiap perjalanan menuntun kita menjadi pribadi yang lebih baik


Buat yang mau tau biayanya, ini rincian biaya dari Jogja ke Gunung Semeru Tahun 2014

Logistik                                         50.000
Simaksi                                         52.500
Kereta GBM                                55.000
Kereta Penataran (Sby-mlg)          6.000
Angkot Malang – Tumpang          17.000
Angkot Tumpang – Klakah             6.000
Jeep Klakah – Ranu Pani              35.000
Pick Up Ranu Pani – Tumpang     41.000
Angkot Tumpang – Arjosari         10.000
Bus Malang – Jogja                      90.000
Total :                                      362.500

Opsional :
Makan Soto+minum                      12.000
Makan di Ranu Pani                      20.000
Makan di Arjosari                         15.000
Oleh-Oleh                                   100.000
Total                                          147.000 


Perkiraan biaya 2015 :
Logistik                                         75.000
Simaksi                                         52.500
Kereta GBM                                110.000
Kereta Penataran (Sby-mlg)          8.000
Angkot Malang – Tumpang          20.000
Angkot Tumpang – Klakah             8.000
Jeep Klakah – Ranu Pani              50.000
Pick Up Ranu Pani – Tumpang     50.000
Angkot Tumpang – Arjosari         15.000
Bus Malang – Jogja                      120.000
Total :                                          508.500

Opsional :
Makan                                          100.000
Oleh-Oleh                                   100.000
Total                                           200.000 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Mendaki Gunung Semeru dengan Modal 700 Ribuan? Bisa? Bisa Banget!"

Post a Comment