Buletinesia - Ditahan Agar Tidak Lenyap?

Buletinesia - Sahabat Buletinesia sebelum kita bahas Bumi secara detail, ada baiknya kita lihat beberapa gravitasi planet disekitar bumi kita. Dengan demikian maka kita akan bisa lihat gambaran secara utuh planet-planet ini.
          
1. Planet Saturnus 
Planet Saturnus memiliki gravitasi 1,5 kali bumi. Hal ini membuat planet ini mencabik-cabik satelit yang berada di dekatnya dan sisanya berserakan di cincin sekeliling planet.

2. Planet Jupiter
Planet Jupiter memiliki gravitasi 2,5 kali bumi, yang membuat sepuluh satelitnya menjadi bola merah yang membara karena letusan gunung berapi yang tak pernah berhenti.

3. Planet Mars
Planet mars mempunyai hanya mempunyai gravitasi sepertiga dari bumi, ini menyebabkan mars tidak mampu menahan air yang membuat mars menjadi tanah yang tandus dan gersang.

Tapi berbeda dengan bumi yang kita tinggali ini, bumi terletak sangat strategis dan nyaman dijagat raya ini, bumi berada pada 93 juta mil (sekitar 150 juta km) dari matahari. Dengan jarak itu maka bumi berada ditempat paling strategis yang membuat bumi tidak beku maupun tidak terbakar. Gravitasi bumi sebesar 1g (satuan gravitasi), dalam keadaan ini bumi menjadi tempat yang penuh dengan kehidupan, menyatukan atmosfer, menarik unsure yang membuat kita masih tetap berada di tempat kita dan menahan air yang kita butuhkan, dan hal ini tidak bias kita temui dimanapun kecuali bumi kita ini.
          
Dibumi kita ini terdapat suatu desain yang sangat misterius dimana antara besarnya atmosfer bumi, berat molekul air , panas matahari dan bobot awan dibandingkan atmosfirnya sangat harmonis dan sangat terkoordinasi. Apakah itu suatu ketidaksengajaan alam, ataukah suatu rancangan yang cerdas?
         
Sungguh luar biasa planet bumi kita ini. Semua faktor yang ada memberikan dukungan satu sama lain yang menghasilkan suatu keseimbangan tanpa cela. Hokum gravitasi yang kita kenal juga berlaku pada seluruh planet dalam alam semesta ini, kita ditarik oleh gravitasi dai bintang yang berjarak milyaran tahun cahaya yang kita tidak bisa melihatnya namun kita ditahan oleh gravitasi bumi kita yang membuat kita tetap berdiri pada tempat kita

Itulah yang disebut jaring-jaring gravitasi alam semesta, yaitu suatu ikatan tarikan yang menyatukan kita dalam satu kesatuan kosmis. Sir Isaac newton mengemuakan hokum gravitasiini dalam renta waktu hidupnya antara tahun 1642-1727. Sementara ALLAH SWT melalui Rosul-Nya telah memberitakan hukum gravitasi ini1400 tahun silam dengan bahasa yang indah


  
Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi agar tidak lenyap: dan jika keduanya akan lenyap, tidak ada seorang pun yang mampu menahannya kecuali Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Penyayang. (QS Fathir [35]:41)

          Ayat Al-Quran ini menjelaskan bahwa ada suatu kekuatan yang menahan langitdan bumi, itulah yang biasa kita sebut kekuatan gravitasi.
Planet-Planet yang Mengorbit Pada Jaring Gravitasi

Boleh jadi ilmuwan seperti newton dapat menemukan dan menyusun sebuah teori tentang gravitasi, namun mereka sampai saat ini belum menemukan jawaban darimana gravitasi itu ada sebelum terjadinya bigbang.

Setiap gugusan bintang, planet dan asteroid mempunyai gaya gravitasi sendiri, yang semuanya terikat dalam suatu jaringan ikatan yang disebut jarring-jaring gravitasi, yang dimana berpotensi akan adanya sebuah tabrakan antar bintang ataupun benda langit lainya karena saling tarik menarik, namun Allah SWT dalam ayat tadi menyampaikan bahwa Allah SWT menahan langit dan bumi supaya tidak lenyap. Subhanallah.

Newton
Mari kita renungkan kata-kata Newton berikut ini.
“Sistem matahari, planet-planet dan komet yang sangat indah ini hanya dapat berlangsung dengan tuntunan dan kendali Zat Cerdas dan Berkuasa. Zat ini mengatur segalanya bukan sebagai sukma dunia, namun sebagai tuhan bagi semuanya dan demi kekuasaan-Nya. Dia disebut Tuhan  penguasa semesta alam” Isaac Newton (1642-1727), bapak fisika modern, penemu teoari gaya gravitasi

Seperti telah disinggung sebelumnya, gravitasi telah terbentuk dan muncul sendirinya sebelum peristiwa big bang 13,7 miliar tahun lalu, gravitasi adalah sebuah jarring-jaring yang menghubungkan miliaran galaksi, triliunan palnet, triliunan bintang. Sekarang kita tahubahwa gravitasi bukan hanya milik bumi kita namun gravitasi ini muncul dialam semesta sejak miliaran tahun lalu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Ditahan Agar Tidak Lenyap?"

Post a Comment