Buletinesia - Tips Jitu Memililih Bahan Batu Akik (Rough)



Buletinesia - Untuk pecinta batu akik, tentunya sudah mengetahui apabila membeli batu akik yang sudah jadi, cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Maka tak jarang banyak orang yang lebih memilih untuk membeli batu bahan atau rough, dengan harapan bisa menambah koleksi ,tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Perlu Sahabat Buletinesia semua ketahui, membeli batu bahan juga mempunyai banyak resiko. Berikut ini buletinesia akan berbagi tips agar terhindar dari resiko ketika memilih batu bahan.


1. Kenali Dulu Jenis Batu Bahan yang Akan Dibeli
Dalam hal ini anda harus mengerti jenis batu dalam keadaan belum diolah.Misalkan rough batu spirtus batu raja akan memiliki tampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan rough batu obsidian warna biru langit,meskipun mempunyai warna yang hampir sama.
  Rough Obsidian
                            
2. Sorot Batu Bahan dengan Senter
Cara ini digunakan untuk melihat apakah batu bahan ini asli atau palsu.Biasanya batu yang asli, sebagus apapun kualitasnya pasti memiliki serat di dalamya.Sedangkan batu palsu cenderung terlalu bersih dan terdapat gelembung di dalamnya

3. Hati-Hati Retak pada Batu Bahan


  • Rough Lavender Retak
Hal ini sangat penting, agar dalam proses pengolahan batu bahan bisa berhasil. Meskipun anda memilih batu yang tergolong jenis mahal tapi tidak memperhatikan permukaan batu yang akan diproses, pada akhirnya anda akan mengalami kerugian ,karena akan pecah ketika dilakukan penggrindaan.

4. Perhatikan Dimensi dan Bentuk Batu Bahan
Pilihlah rough  dengan bentuk yang simetris,dan mempunyai ukuran yang seperti anda inginkan,anda pasti bisa memperkirakan  “Saya membeli batu bahan segini,nantinya akan menjadi batu akik ukuran segini”.


5. Bila Perlu Libatkan Si pemroses Batu Saat Pemilihan
Cara ini bisa dibilang paling efektif, karena anda akan lansung bisa berkonsultasi apakah batu bahan yang akan anda beli layak diolah atau tidak.


Itulah tadi tips dari buletinesia agar terhindar dari resiko kerugian ketika membeli batu bahan ! Untuk pembelian batu sendiri usahakan ketika pengunjung sepi, karena proses tawar menawar akan lebih alot dikarenakan penjual cenderung menaikkan harga dagangannya ketika pengunjung ramai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buletinesia - Tips Jitu Memililih Bahan Batu Akik (Rough) "

Post a Comment