Berubah Menjadi Super Traveler Sejati


                Apakabar sahabat traveler di seluruh pelosok Nusantara? Semoga kita semua masih dalam lindungan-Nya. Dikesempatan kali ini saya akan sedikit sharing sama temen-temen semua. Yaaa, terutama buat kalian yang suka jalan-jalan, traveling, hiking, ngetrip atau kegiatan apa aja yang masih berhubungan dengan alam.
Kita semua tahu dalam beberapa waktu belakangan ini kegiatan traveling lagi booming di negri kita tercinta ini. Entah karena film, atau acara televisi yang banyak menyajikan tentang kegiatan-kegiatan traveling atau semacamnya. Yang jelas traveling lagi booming. Tua muda, laki perempuan, anak orang tua semuanya suka traveling. Entah memang karena suka atau karena ikut-ikutan aja. Intinya traveling lagi WOW (titik)
Sebagai manusia kita memang tidak bisa lepas dari alam. Manusia selalu hidup berdampingan dengan alam. Memang begitu kodratnya. Hehe..., oleh karena itu kita harus saling menjaga. Alam sudah menjaga kita agar tetap bisa hidup nyaman di bumi, sebagai manusia kita juga harus menjaga alam agar kita bisa bertahan hidup.
Sebagai traveler kita harus turut serta dalam menjaga alam dan bumi kita tercinta ini. Tidak hanya menikmati keindahan alam saja, tapi kita harus menjaga alam ini agar tetap lestari. Agar tidak hanya generasi kita saja yang bisa menikmati keindahan alam ini, tapi sampai anak cucu kita.
Menjaga alam itu gampang-gampang susah. Tapi, kalo kita segera memulainya,,, ya nggak akan terwujud. Nggak usah muluk-muluk dulu, kita mulai aja dari diri sendiri.
Membuang sampah pada tempatnya. Simpel, tapi banyak yang belum terbiasa. Oleh karena itu kita harus membiasakan dari diri kita sendiri. Kalo belum nemu tempat sampah ya kantongin dulu, nanti kalo udah ketemu tempat sampah baru dibuang. Jangan asal war-wer aja. Kalo 1 orang mungkin sedikit, nah kalo semua traveler tingkahnya kayak kamu gitu...? kira-kira gimana critanya? Udah bisa nebak sendiri kan...?
Jangan bikin track ato jalur sendiri. Lewati aja jalur yang udah ada. Karena membuka jalur baru sotomatis kita harus merusak alam men. Kalian babat semua yang ada didepan mata, nah jadi ancur kan. Tumbuhnya lama, buka jalurnya bentar aja. Itu kalo 1 rombongan buka jalur, lhah kalo semua orang bikin jalur sendiri...? apa nggak ancur? Mau ngetrip apa mau ilegaloging...? sebenernya buka jalur baru sih boleh-boleh aja, tapiiii..., dalam kondisi tertentu aja. Oke bro...! kita lalui jalur yang udah dibuka oleh pendahulu kita.

Senyum, sapa, dan salam..., kayak pelajaran agama ya...? tapi memang penting dan perlu juga kita terapkan pas kita lagi traveling. Ketemu sama traveler lain di tengah jalan masak diem-diem aja. Sama-sama manusia, sama-sama lagi ngetrip. Seharusnya saling menjaga hubungan kita sesama manusia. Karena kita ini makhluk sosial men, kita ini saling membutuhkan. Nah kalo pas papasan di jalan kalian diem-diem aja, tar di track tertentu ada salah satu yang tertimpa musibah. Siapa yang mau nolongin...? macan...? monyet...? bukan.. tentu orang-orang yang ada didekat kalian. Jadi alangkah baiknya kita biasakan saling senyum, saling sapa, saling salam..., tapi jangan saling cium. Wkwkwk...,
Mulutmu harimaumu. Kita ini kan traveling. Kita bertamu ke daerah lain, kampung orang. Bukan rumah kita. Jadi ya sebaiknya selain kita jaga perilaku, kita juga jaga mulut kita. Kalo ngomong ati-ati. Takutnya ada yang sakit hati. Trus kita nggak diterima lagi ke daerah itu. Nggak seru kan, sebaiknya kita tinggalkan kesan yang baik, agar kita bisa diterima dimanapun kita berada.

Jadi super traveler sejati itu nggak harus jalan-jalan kesana-kesini. Nggak harus ke tempat yang belum pernah terjamah. Traveler sejati itu ya yang di atas tadi. Jaga alam dan lingkungan dari diri kita sendiri, jaga hubungan dengan sesama traveler, dan  jaga hubungan juga sama warga di daerah yang kita kunjungi, serta tak lupa kita jaga hubungan kita dengan Sang Pencipta. Oke men,,, jadilah traveler sejati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berubah Menjadi Super Traveler Sejati"

Post a Comment