Apa itu Virus Trojan ???


Istilah “Trojan Horse”atau Kuda Troya diambil dari sebuah taktik perang yang digunakan untuk merebut kota Troy yang dikelilingi benteng nan kuat. Pihak penyerang membuat sebuah patung kuda raksasa yang di dalamnya memuat beberapa prajurit yang nantinya ketika sudah berada di dalam wilayah benteng akan keluar untuk melakukan penyerangan dari dalam. Adapun bentuk kuda dipilih sebagaimana layaknya sebuah hasil karya seni bagi sang Raja agar dapat dengan leluasa masuk ke dalam benteng yang dimaksud.
Ide ini mengilhami sejumlah hacker dan cracker dalam membuat virus atau worms yang cara kerjanya mirip dengan fenomena taktik perang ini, mengingat pada waktu itu bermuncukan Anti Virus Software yang dapat mendeteksi virus maupun worms dengan mudah untuk kemudian dilenyapkan. Dengan menggunakan prinsip ini, maka penggalan program malicious yang ada dimasukkan ke dalam sistem melalui sebuah program atau aktivitas yang legal seperti: melalui proses instalasi perangkat lunak aplikasi, melalui proses “upgrading” versi software yang baru, melalui proses “download” program-program freeware, melalui file-file multimedia (seperti gambar, lagu, dan video), dan lain sebagainya.

Jenis – jenis Trojan

Berdasarkan teknik dan metode yang digunakan, terdapat beberapa jenis Trojan Horse, antara lain:

Remote Access Trojan
Kerugian yang ditimbulkan adalah komputerkorban serangan dapat diakses secara remote:

Password Sending Trojan
Kerugian yang ditimbulkan adalah password yang diketik oleh komputer korban akan dikirimkan melalui email tanpa sepengetahuan dari korban serangan;

Keylogger
Kerugian yang ditimbulkan adalah ketikan atau input melalui keyboard akan dicatat dan dikirimkan via email kepada hacker yang memasang keylogger;

Destructive Trojan
Kerugian yang ditimbulkan adalah file-file yang terhapus atau hard disk yang terformat;

FTP Trojan
Kerugian yang terjadi adalah dibukanya port 21 dalam sistem komputer tempat dilakukannya download dan upload file;

Software Detection Killer
Kerugiannya dapat program-program keamanan seperti zone alarm, anti-virus, dan aplikasi keamanan lainnya; dan

Proxy Trojan
Kerugian yang ditimbulkan adalah di-“settingnya” komputer korban menjadi “proxy server” agar digunakan untuk melakukan “anonymous telnet”, sehingga dimungkinkan dilakukan aktivitas belanja online dengan kartu kredit curian dimana yang terlacak nantinya adalah komputer korban, bukan komputer pelaku kejahatan.

(inp)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Virus Trojan ???"

Post a Comment